Cara menginstal windows xp pada USB Stick Flashdisk (bag 1)

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, apa sih gunanya menginstal Windows ke dalam USB stick ?

Link halaman:
Cara menginstal windows xp pada USB Stick Flashdisk (bag 1)
Cara menginstal windows xp pada USB Stick Flashdisk (bag 2)
Cara menginstal windows xp pada USB Stick Flashdisk (bag 3)

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, apa sih gunanya menginstal Windows ke dalam USB stick ? Pernahkah Windows anda rusak hingga untuk login saja tidak bisa, atau malah ada kerusakan di Windows sehingga Windows anda tidak bisa booting??

Sebagai contoh kasus, misalnya ada salah satu file system anda yang mengalami kerusakan baik di senganja maupun tidak di sengaja(karena virus), misalanya saja file system yang rusak adalah system32.dll. jika system32.dll rusak jangankan berjalan dengan benar, untuk bisa login saja tidak bisa. Lalu apa yang bisa anda lakukan ? Dengan menginstal Windows ke dalam USB stick. Anda dapat memboot komputer dengan Flashdisk anda kemudian melakukan penyelamatan data-data anda yang tersimpan di drive system/My Document.
1.Persiapan

Sebagai langkah awal, anda perlu mempersiapkan USB Flashdisk yang akan anda gunakan sebagai media instalasi. Sebaiknya anda menggunakan USB Flashdisk dengan kapasitas min 256MB. Semakin besar kapasitas

USB Flashdisk anda, semakin baik karena semakin banyak pula utility-utility yang dapat anda instal didalamnya. Sebelum anda menginstal Windows XP kedalam USB Flashdisk yang sudah anda persiapkan, anda harus memformat terlebih dahulu. Format USB Flashdisk anda menggunakan tool HP USB disk storage format tool yang bisa anda download disini. Kenapa tidak menggunakan fungsi format yang sudah disediakan oleh Windows saja ? karena saya merasa fungsi format ini jauh lebih bagus dari pada fungsi format bawaan Windows.

1) Instalasikan HP USB disk storage format tool kedalam komputer anda.

2) Dowble klik icon HP USB disk storage format tool untuk mengaksesnya.


3) Pada tab device cari USB Flashdisk anda. Jika sudah, klik menu pulldown yang terdapa pada tab file system ke mudia pilih FAT.

4) Sebelumnya pastikan data-data yang terdapat dalam USB Flashdisk sudah anda back-up semuanya, karena data-data tersebut akan hilang pada saat USB Flashdisk di format. Klik tombol start kemudian klik YES pada kotak peringatan yang muncul.

5) Akan muncul gambar seperti di bawah ini setelah prosesnya selasai, selanjutnya klik OK.
Maka anda menyelesaikan tahap persiapan dengan sukses.

Komentar

Danu Winartha mengatakan…
mw tnya neh... ada g pembahasan mke virtual machine gt? klo ada tlng infony y? mw bt dual os, hddku cm 160gb total.. pdhl ada program kuliah yg bsny lwt xp.. aq pke 7 ultimate... mohon bantuannya y?
HermanW mengatakan…
HD 160 jg bs kq,,coz pnya Q jg 160 ad 3 OS,,hehhee
bisa pake virtual machine buat install xp,tapi klo dah pake seven mah manding pake windows xpmode aj,,,
t akan sma persis kaya windows XP di install d partisi biasa,,,,

Postingan populer dari blog ini

SQL untuk mengetahui nama database oracle dari user

Cara Mengembalikan Bootloader Windows 7/Vista (Status Repair)

Cara Dualboot Windows 7 dan Windows Xp (Windows XP diinstal pertama)